Monday, April 01, 2019

Minuman Sehat di Pagi Hari

https://www.youtube.com/channel/UCGra1BUP8MPDDcnfU4XzDXw

Kombinasi kayu manis, cengkeh, kapulaga dan jahe menjadi minuman saya dan suami di pagi hari. Maklum, pasca terkena TBC beberapa tahun lalu, saya dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan. Jika daya tahan tubuh saya menurun, saya mudah terserang batuk. Butuh waktu lama buat saya untuk pulih bila sudah terlanjur terkena batuk. Alhamdulillah kayu manis, cengkeh, kapulaga dan jahe turut membantu menjaga daya tahan tubuh saya. Batuk pun jarang datang.

Awalnya terinspirasi gaya hidup baru yang dijalani oleh Dewi Hughes. Dimana mbak Dewi menjadikan rempah – rempah sebagai salah satu minuman sehat beliau. Ditambah membaca buku berjudul Rasulullah is My Doctor karya Jerry D. Grey. Jadilah saya dan suami memilih mengganti teh manis yang biasanya diminum di pagi hari menjadi teh rempah – rempah.

Selain menjaga daya tahan tubuh, empat jenis rempah – rempah itu memiliki keunggulan lainnya. Berbagai sumber menyebutkan bahwa kayu manis misalnya, dapat mencegah kanker dan dapat menurunkan berat badan. Jahe baik diminum oleh pasangan yang sedang program kehamilan. Terlebih disebutkan dalam al Qur’an bahwa jahe adalah minuman surga (QS. Al Insan: 17). Tentu hal itu menunjukkan bahwa jahe adalah minuman istimewa.

Kalau mbak Dewi Hughes meramu rempah – rempah sebagai minuman, tanpa menyertakan pemanis. Kalau saya sih tetap bisa menikmati bila ikutan cara mbak Dewi. Tapi tidak dengan suami saya. Minuman tanpa rasa ogah beliau minum. Jadi setelah saya merebus rempah – rempah tersebut bersama air secukupnya, saya pun memberi campuran gula aren dan madu ke dalamnya. Terkadang juga kami turut mencampurkan dua sendok makan susu kambing bubuk ke dalamnya. Wah kalau yang ini rasanya lezat sekali. Rasa bandrek lah. Silahkan dicoba minuman sehat nan lezat ini ya ibu – ibu.

1 Comments:

  1. wah , maaksih infonya, mungkin bisa diberitahu bahan2nya apa saja bagaimana meraciknya

    ReplyDelete