Tuesday, April 23, 2019

Baca Buku Apa? #HariBukuSedunia



Apa kamu satu dari seribu orang Indonesia yang hobi baca buku? Semoga. Kalau saya hobi kok membaca buku. Hanya saja standar jumlah buku yang  saya baca mungkin masih kurang untuk bisa disebut bookaholic. Sehari satu buku? Enggak. Paling sebulan bisa menamatkan satu buku. Itupun karena ada tuntutan nulis resensi dari komunitas Baca Yuk tempat saya bergabung. 

Apalagi dengan semakin berkembangkan teknologi digital yang semakin memudahkan peredaran informasi, membaca menjadi kegiatan yang bukan cuma diperoleh dari buku. Membaca status di media sosial, informasi di web atau berbagai artikel yang di share ke jalur pribadi. Membaca pesan pribadi dari kenalan termasuk juga kan ya. Wow banyak sekali bacaan kita tiap harinya. Buku jadi punya saingan deh.

Tapi bagaimanapun membaca buku tetap menarik bagi saya. Menamatkan buku sebulan sekali itu dulu. Sejak awal tahun 2019 saya bertekad menamatkan setidaknya satu minggu satu buku. Alhamdulillah bukan cuma satu buku, bahkan seminggu bisa dua hingga tiga buku terselesaikan. 

Kok bisa? Ia sebab saya memanfaatkan e-book dari perpustakaan digital. Favorit saya adalah I-Jogya. Setidaknya sudah lima buku saya baca bulan lalu. Dari komik, buku kumpulan esai hingga sejarah Islam. Saat ini sedang proses menamatkan Buku Tarikh Khulafa karya Imam Suyuthi. Agak lama selesainya karena tebal.

Sederet buku cetak sudah saya persiapkan untuk bacaan selanjutnya. Sedangkan I-Jogya sebagai selingan juga saya manfaatkan. Membacanya bergantian antara buku cetak dan e-book. Ada satu buku yang ingin saya miliki dan dimasukkan dalam antrian bacaan. 

Yaitu buku biografi tokoh Sumut Haji Anif. Saat melihatnya di toko buku saya cuma diizinkan beli satu buku sama suami. Saat itu saya memilih buku lain yang dianggap lebih urgen. Dengan tetap berharap besok - besok bisa beli buku itu. Semoga deh ya.

Buku cukup berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri saya. Membaca berarti bertambah ilmu. Makin nambah pengetahuan tentu makin PD buat diskusi sama orang - orang sekitar. 

Buku juga turut memotivasi, jadi tetap fresh menghadapi hari. Alhamdulillah pula suami saya sangat mendukung kegiatan membaca buku. Beliau bilang, senang kalau lihat istrinya pintar hehe. Btw, kamu - kamu sedang baca buku apa? Selamat Hari Buku Sedunia yaa buat sobat semuanya.

#SelamatHariBukuSedunia

#23April2019

0 Comments

Post a Comment