Wednesday, July 04, 2018

Para Shahabiyah Dalam Rupa Putri Raja




Judul buku          : Princess Shahabiyah
Penulis                 : Lisdy Rahayu
Penerbit                : Bhuana Ilmu Populer
Tahun terbit         : 2018
ISBN                     : 978-602-455-527-6

Paling senang kalau diajak suami main ke Toko Buku. Salah satu tempat favorit yang sering kami kunjungi ya toko buku. Selain yang utama adalah tempat makan, hehe. Meski budget buat beli buku sudah habis, setidaknya bisa membaca buku di tempat.

Sepertinya sudah jadi kebiasaan di toko buku, tiap judul buku selalu ada satu yang bungkus plastiknya sudah terbuka. Jadi bisa dibaca. Ntah itu kerjaan pengunjung atau memang dibuka plastik bukunya oleh pegawai toko.

Saat berkunjung ke Toko Buku Gramedia Medan libur lebaran lalu, saya tuntas membaca buku berilustrasi berjudul Princess Shahabiyah ini. Buku-buku berilustrasi memang sedang ramai peminat. Selain gambar-gambar yang memanjakan mata, tulisannya pun sedikit jadi enak dibaca bagi yang kurang suka membaca.

Targetnya sih buat remaja ke bawah ya. Sementara saya, sudah tua hehehe. Tapi agar tuntas membaca di tempat, dalam keadaan berdiri pula, buku-buku berilustrasi seperti itu saya pikir cocok jadi pilihan saya. Isinya mengandung pelajaran tak hanya untuk remaja dan anak-anak tetapi juga bisa untuk dewasa.  Pengennya membelikan buku itu untuk ponakan. Tapi belum bisa.

Buku Princess Shahabiyah berisi sepuluh cerita fiksi tentang putri kerajaan yang memiliki sifat-sifat layaknya muslimah terbaik di masa Nabi. Ada putri raja yang dermawan layaknya bunda Siti Khadijah, cerdas dan ceria seperti Siti Aisyah dan pemberani seperti Asma binti Abu Bakar.

Ada juga cerita putri raja yang rajin membaca dan menulis seperti Hafsah, peduli seperti suster muslim pertama, Rufaidah dan teguh memegang kebenaran seperti Sumayyah.

Lalu ada juga kisah putri raja yang ikhlas berbuat kebaikan seperti Nusaibah, penyaabar seperti Khansa dan taat pada orangtua seperti Zainab.

Sungguh saya masih jauh dari sifat-sifat baik para shahabiyah tersebut. Jadi membaca buku ini mengingatkan saya kembali untuk mengoreksi diri. Seharusnya sudah seusia ini, saya bisa memiliki setidaknya beberapa sifat yang dimiliki para shahabiyah. Semoga saya bisa.

Catatan lainnya, barangkali penulis buku ini senang sama kucing. Sebab tiga diantara putri raja dalam cerita tersebut memelihara kucing.

Buku-buku seperti ini menurut saya sangat menarik untuk mendorong minat baca remaja dan anak-anak. Keunggulannya, gambar-gambar berwarna yang indah dan isi yang mudah dicerna. 

Hanya saja harganya cukup mahal. Hampir dua ratusan ribu. Bagi kalangan menengah ke bawah, mesti nabung dulu biar bisa beli. 

Atau kalau mau mengikuti jejak saya juga bisa, baca di tempat hehe. Hanya saja kalau sering-sering membaca di tempat tanpa pernah membeli ya nggak bagus juga. Namanya tidak menghargai jerih payah penulis dan timnya yang sudah mengeluarkan daya upaya demi menghasilkan bacaan menarik bagi masyarakat. So, selamat membaca ya.. 

0 Comments

Post a Comment