Kamis, 24 Mei 2018

Buang Sekulerisme, Ambil Islam Kaffah




“Ingaaat, Ramadhan nih, stop dulu pacarannya. Tiga puluh hari harus puasa pacaran.” Kata seorang pria pada wanita di sebelahnya sambil senyum-senyum.

Pemandangan itu terlihat di pasar, saat saya berbelanja di hari kedua Ramadhan. Saya lirik sekilas, wanita yang ‘dinasehati’ temannya itu sedang menempelkan handphone ke telinganya seraya cuap-cuap.

Peristiwa itu bikin saya menyimpulkan beberapa hal. Pertama, makin banyak saja orang yang paham kalau pacaran itu dilarang dalam Islam.

Kalau diingat-ingat lagi, sudah sejak lama sih pacaran diyakini banyak orang sebagai aktivitas terlarang. Lah, buktinya saat nikah bilang, “Alhamdulillah halal”. Berarti sebelum nikah haram dong. Betul kan?

Kedua, masyarakat kebanyakan bakal tetap sekuler selama Islam belum diterapkan secara sempurna dalam kehidupan. Ya, sekuler yang berarti memisahkan agama dari kehidupan, akan bikin muslim salah paham tentang cara menjalankan Islam.

Mereka pikir, keharaman pacaran hanya berlaku saat Ramadhan. Sebab Ramadhan adalah bulan suci. Kalau bulan-bulan yang lain bagaimana? Ya tidak apa-apa.

Sama seperti menutup aurat, kesadaran menutup aurat keluar rumah memang makin meningkat di kalangan muslimah. Tapi yang menyangka bahwa nutup aurat itu cocoknya saat Ramadhan saja, lebih banyak.

Inilah sekulerisme, paham memisahkan aturan Islam dari kehidupan. Ia merupakan pangkal dari semua kerusakan yang ada. Karenanya cara berpikir kaum muslim saat ini jadi jauh dari tuntunan Islam.

Sebaik-baik muslim adalah yang maksimal memanfaatkan berkah Ramadhan. Saatnya jadikan Ramadhan momen memperbaiki ketaatan kita. Buang jauh sekulerisme, ambil Islam secara kaffah.

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS Al-Baqarah: 208)

Islam itu sempurna, harus dijalankan dalam seluruh aspek hidup kita. Mau Ramadhan, atau di bulan-bulan lainnya, setiap perintah dan larangan Allah swt berlaku bagi kita.

#RamadanBaper
#RamadhanBersamaRevowriter
#IslamRahmatanLilAlamin
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...