29 April 2018

4 Karakter Suami Idaman


gaya sehari-hari jaga bimbel
Syukur tiada terhingga, di usia lima setengah tahun pernikahan saya, badai persoalan yang melanda bisa terselesaikan berdua.

Lebai ya pakai kata badai, hehe. Habis perempuan sih ya baperan. Menghadapi masalah kecil saja dianggap besar. Semisal suami yang nggak punya panggilan spesial buat saya. Di awal nikah tu saya anggap masalah.

Disaat teman-teman dipanggil suaminya dengan sebutan “Ayang”, “Sayang” dll, saya dipanggil dek. Kadang juga suami nyuruh sesuatu tanpa menyebut dek atau nama sekalipun, baper abis. Tapi sekali lagi bersukur, karena masalah yang kami hadapi berdua tak sampai melibatkan orang lain.

Salah satu kunci selesainya masalah keluarga saya adalah sosok pribadi suami sendiri. Sebagai suami sekaligus sahabat saya, ia cukup baik. Sehingga rugi rasanya saya jika mempermak masalah kecil jadi besar. Rugi rasanya kehilangan suami kayak suami saya, jika sampai rumahtangga bubar cuma gara-gara masalah sepele. Jadi dalam beberapa hal, kemarahan saya redam dengan mengingat kebaikan-kebaikan suami saya.

Emang ada ya rumahtangga yang rusak karena masalah sepele? Ya ada. Saya baru-baru ini mendengar ada istri yang malas membereskan rumah, trus suami memarahi dengan kasar, akhirnya berujung pada perpisahan.

Sayang kan, masalah seperti itu kecil. Masih bisa diselesaikan asal dengan kepala dingin dan sama-sama mengaku salah lalu memperbaiki. Namun justru keduanya memilih untuk selesai. Emang pernikahan itu permainan.

Kembali ke sosok pribadi baik dari suami saya. Selama lima tahun setengah saya hidup bersama suami, setidaknya ada empat karakter yang saya kenali dan kagumi dari suami saya.
17 April 2018

Munafik


YouTube

Orang yang memiliki sifat nifak disebut munafik. Nifak itu sama dengan kharaja yaitu keluar. Dalam arti telah keluar keimanan dari dalam hatinya. Al Qur’an surat al Baqarah ayat 8 dan 9 menceritakan mengenai gambaran orang munafik. 

Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian," pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Baqarah: 8)

“Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.” (QS. Al Baqarah: 9)

Dalam tafsir al Qurthubi dijelaskan bahwa orang yang dimaksud dalam ayat itu adalah Abdullah bin Ubay Bin Salul. Pemuka kaum Yahudi ini sangat membenci  Muhammad saw. Kebencian yang pada umumnya dimiliki oleh Yahudi saat itu pada beliau penutup para Nabi tersebut. Tentu Abdullah enggan masuk Islam.

Namun pasca perang Badar, ia merasa Muhammad saw dan kaumnya semakin di atas angin. Ketakutan akan kehancuran merasuki dirinya. Lalu ia beserta kaumnya memilih masuk Islam dalam keadaan terpaksa. Zhahirnya (luarnya) menyatakan iman, tapi hati ingkar.
15 April 2018

Khilafah Ajaran Islam

(Review Buku)



Judul Buku : Khilafah Remake


Penulis : Felix Y Siauw


Penerbit : Al Fatih Press


Tahun terbit : 2014


Ketebalan : 295 hal


Peresensi : Eva Arlini


Kata Khilafah semakin popular aja ya. Baik yang senang dan benci padanya, sering membicarakan. Kemarin hastag #KhilafahAjaranIslam di twitter sempat berada di urutan dua.


Pasalnya berbagai agenda peringatan isra’ mi’raj saat itu mengambil tema Khilafah Ajaran Islam dan penggemarnya mengopinikan ke media sosial. Ramai terus deh ngomongin Khilafah.


Kalau kata ustadz Felix, memang sudah zamannya ini, abad Khilafah. Makin banyak umat Islam yang nuntut #ReturnTheKhilafah.


Saya termasuk yang merindukan kehadirannya. Sebab dari kajian yang saya dapatkan, ajaran Islam secara keseluruhan mencakup akidah, ibadah, makanan/ minuman, pakaian, muamalah dan sanksi akan terlaksana secara sempurna saat Khilafah tegak.


Bukunya ustad Felix ini juga bicara Khilafah. Buku penuh ilustrasi berwarna ini mengenalkan secara umum mengenai sistem pemerintahan Islam tersebut.


Semua berawal saat hijrah Rasulullah saw dari Mekkah ke Madinah. Disana Rasulullah menjabat sebagai kepala negara Daulah Madinah.


Sejak itu dimulailah episode ketiga dari kisah tentang negara adi daya yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Jika episode lalu ada Persia dan Romawi, maka masa setelahnya milik Khilafah Islamiyah.


Jumlah umat Islam pun berkembang pesat seiring bertambah luasnya wilayah Islam.


Meski ada kecacatan di akhir-akhir penerapannya namun secara umum pemerintahan warisan nabi itu mendulang sukses menebar cahaya Islam di dunia


"Dulu, hanya ada satu pemimpin umat yang disebut Khalifah.