Sabtu, 17 Februari 2018

Olahraga Ternyata Bisa Hilangkan Pegal


Ada hal unik yang saya temukan dalam kegiatan baru saya. Ternyata, olahraga bisa hilangkan pegal.

Bermula dari keinginan buat diet. Maklum berat badan makin nambah. Khawatir mengganggu kesehatan. Saya memutuskan buat menyusun program diet mengikuti salah satu aplikasi android tentang hal tersebut.

Di aplikasi itu saya isi data berupa usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan saat ini, berat badan yang diinginkan jangka waktu diet yang ingin saya tempuh dan jenis olahraga yang hendak saya kerjakan. Hasilnya, saya bisa memperoleh berat badan dambaan jika konsisten memenuhi kebutuhan kalori per hari sebesar 1300 kalori serta olahraga otot ringan.

Saya memilih mengganti nasi dengan ubi atau tahu atau kentang. Perbanyak sayur rebus dan buah. Selain itu saya harus rutin olahraga. Untuk olahraga saya mengikuti aplikasi android bernama Lose Weight in 30 Days.

Tiap harinya saya usahakan olahraga di awal pagi. Setelah kegiatan ibadah subuh dan minum air mineral saya lalu olahraga. Sekali waktu saya tak sempat olahraga di awal pagi. Karena harus secepatnya beres-beres rumah plus beresin bimbel tempat usaha suami.

Setelah itu, tak langsung olahraga, saya lanjutkan aktivitas dengan belanja, masak dan nyuci pakaian, hingga pukul 11 siang. Kaki sudah lelah. Harusnya aktivitas mengeluarkan keringat tersebut sudah termasuk olahraga lah ya.

 Tapi tetap saya anggap beda, olahraga alami dengan yang sudah diprogram. Jadi saya tetap melakukan olahraga sesuai petunjuk aplikasi android tersebut. Disini uniknya. Waktu saya melakukan salah satu gerakan bernama “tendangan keledai”, otot paha saya terasa dipijetin. Enak sekali rasanya. Pegalnya lama kelamaan jadi hilang.



Demikian waktu saya lakukan gerakan “tepuk tangan atas kepala”, bahu saya terasa dipijetin. Jadinya rileks.


Selesai olahraga ringan selama 7 menit itu, saya bukannya merasa lebih capek, justru lebih segar bersemangat. Hemm, baru tahu hal ini, menghilangkan pegal nggak perlu pijet, cukup lakukan gerakan gerakan tertentu yang menyentuh otot, pegalnya bisa hilang. Dan alhamdulillah, kurang lebih enam minggu diet berjalan, berat badan saya turun 6 kg. Cobain deh teman-teman...

6 komentar:

  1. Owalah, ada aplikasinya ya, mba.

    Aku beberapa kali nyoba plank. Gemeteraaaan.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal awal nyoba saya juga gitu mbak.. lama lama badan terasa lebih ringan untuk melakukan plunk..

      Hapus
  2. Bisa di coba ini aplikasi sepertinya gerakan gerakannya simple tapi bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak.. saya aja seminggu nyobain plus perbanyak sayur dan buah, seminggu turun 2 kilo

      Hapus
  3. Eh aku juga pake aplikasi ini neh, beneran ngos-ngosan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...