Jumat, 29 September 2017

(review buku) Apa Alat Kontrasepsi Terbaikmu?


                                                   


Judul buku          : Memilih Kontrasepsi Alami dan Halal
Penulis                 : dr. Dwi Anton & dr. Dyah Andari
Penerbit                : Aqwam Medika
Tahun terbit         : Cetakan pertama, 2013
Ketebalan             : 192 hal
ISBN                     : 978-602-8831-03-1

Bagi muslim, menggunakan alat kontrasepsi sepatutnya bukan karena ingin mencegah kehamilan guna membatasi kelahiran. Sebab banyak dalil larangan menghentikan kehamilan secara permanen. Jika karena takut miskin, Allah swt sudah tegaskan rizki itu datangnya dari Allah swt, bukan dari manusia. Kalau karena merepotkan dalam perawatan, Allah swt menyampaikan bahwa dalam tiap aktivitas mengurus anak ada pahala yang mengalir. Kalau karena takut tak mampu membentuk generasi yang kuat menjalani hidup, sebenarnya cukup penuhi tuntunan Islam dalam merawat dan mendidik anak. Insya allah hasilnya memuaskan.

So, penggunaan alat kontrasepsi dibutuhkan untuk mengatur jarak kelahiran. Karena manajemen kelahiran anak berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhan si anak maupun kondisi fisik dan mental si ibu. Dalam hal ini Islam membolehkan. Sayangnya berbagai alat kontrasepsi yang beredar tak semua baik, tak semua halal. Kita perlu kenal dengan jenis-jenis kontrasepsi berikut sisi positif dan negatifnya. Buku ini memberi penjelasan tentang hal tersebut.

Alat kontrasepsi terbagi dua jenis. Ada kontrasepsi alami dan ada yang buatan. Yang alami seperti metode azl, penyusuan dan metode pantang berskala seksual (KB Kalender, Suhu Basal Badan dan lendir serviks). Sedangkan kontrasepsi buatan seperti kondom, vasektomi dan suntik KB. Ada juga kontrasepsi buatan khusus untuk wanita seperti kontrasepsi hormonal, IUD (Intra Uterine Divice) dan sterilisasi. Sang dokter penulis buku menyatakan dibanding kontrasepsi buatan, yang alami lebih aman dari efek samping dan cenderung lebih terjamin kehalalannya. Misalnya kontrasepsi hormonal (pil, suntik, susuk) yang bisa menimbulkan gangguan menstruasi, mual, sakit kepala, disfungsi seksual dll. Metode IUD dan sterilisasi dinyatakan oleh ulama haram hukumnya.

Metode andalan menurut penulis adalah lendir serviks, dimana wanita dapat dengan mudah mengenali masa subur dari keluarnya lendir serviks. Lendir itu bersifat elastis, jernih seperti putih telur mentah, dan dapat meregang beberapa sentimeter tanpa terputus. Jadi kalau lagi program kehamilan, silahkan jima’ di waktu tersebut. Sedang jika ingin menunda kehamilan, waktu tersebut berarti pantang berhubungan. Buku ini menjelaskan cukup rinci tentang praktek kontrasepsi lendir serviks. Mudah, murah, aman dan halal.

Buku ini cukup komplit bagi kita buat menjelaskan seputar kontrasepsi. Cukup jelas juga untuk dimengerti. Buku ini recommended buat pasangan suami istri yang lagi produktif menghasilkan anak..

8 komentar:

  1. Tampaknya buku yang bagus untuk dibaca. Terimakasih rekomendasinya :)

    BalasHapus
  2. Buku penting untuk ibu rumah tangga ya, Mba Eva. Jadi kita bisa nambah pengetahuan tentang KB. Terutama cara-cara KB yang alami itu

    BalasHapus
  3. jadi pengen baca bukunya :)

    saya juga pakai KB Mba, KB susuk yang 3 tahun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak dibaca, insya allah nambah wawasan..siapa tau ganti yang lebih aman dan nyaman :)

      Hapus
  4. Beberapa waktu lalu, teman-teman ngobrol masalah kontrasepsi alami dengan cara emngenali lendir serviks. Mungkin yang dimaksud seperti ini ya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...