Kamis, 08 Juni 2017

“1001 Ilmu Tentang Kehamilan”



Judul buku          : Panduan Lengkap Hamil Sehat & Bugar
Penulis                 : Nur Fadillah
Penerbit                : Briliant Books
Tahun terbit         : 2013
Ketebalan             : 232 hal
ISBN                     : 978-602-8655-92-7
Peresensi              : Eva Arlini

Kehamilan hingga kini masih jadi dambaan bagi saya. Membaca buku tentang kehamilan salah satu ikhtiar untuk membekali diri dengan ilmu. Di dalamnya pembaca diberi info tentang berbagai hal. Mengenal alat reproduksi, memahami seputar kesehatan masa kehamilan, mengenali perubahan di masa kehamilan, solusi mengatasi gangguan kehamilan, hingga panduan merawat bayi.

Di buku ini juga saya kenali masalah saya. Ternyata gangguan kehamilan yang pernah saya alami cukup berbahaya. Namanya kehamilan ektopik, yaitu kondisi dimana telur yang dibuahi tidak tertanam dalam lapisan uterus, tetapi berkembang di tempat lain. Biasanya perkembangan embrio pada kasus itu terjadi di tuba faloppi. Tapi yang saya alami, embrio berada di belakang rahim. Alhasil si calon bayi tidak bisa berkembang dan harus diangkat melalui jalan operasi.

Selain itu, penjabaran proses kehamilan dari bulan ke bulan sempat membuat saya tersuasanakan. Bulan pertama hingga bulan ketiga kehamilan yang merupakan masa kritis, dimana emosi sang ibu tidak stabil, gejala mual dan muntah karena faktor hormonal. Bulan ke empat bayi dalam kandungan sudah dapat merespon tiap sentuhan ibu.

Bulan ke lima hingga kesembilan dimana ibu bakal menikmati masa-masa ‘membawa’ sang bayi kemana-mana. Gerak terbatas, mudah lelah dan harus memperhatikan banyak hal semisal asupan gizi. namun tetap dijalani dengan bahagia. Karena kehadian si bayi amat dinantikan.

Isi bukunya cukup bernuansa islami dengan adanya bonus panduan doa dan amalan ketika hamil. Disamping karena basis pendidikan penulis dekat dengan keislaman. Disini juga barangkali sedikit kekurangannya. Penulis bukan orang kesehatan. Tulisan dihasilkan dari sumber buku dan berbagai artikel di internet. Andai penulis adalah seorang dokter kandungan tentu bahasannya lebih mendalam lagi.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...