Senin, 13 Februari 2017

Kesalahan Sistem Ekonomi Kapitalisme Hingga Sosialis Marxisme


Judul buku          : Muqaddimah Sistem Ekonomi Islam, Kritik Atas Sistem
                              Ekonomi Kapitalisme Hingga Sosialisme Marxisme
Penulis                 : K.H. Hafidz Abdurrahman, MA
Penerbit               : Al Azhar Press
Tahun terbit         : Cetakan kedua , 2014
Ketebalan             : 189 hal
ISBN                    : 979-3118-87-3
Peresensi              : Eva Arlini

Indonesia tidak kekurangan ahli ekonomi. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri dianggap sudah teruji kemampuannya, sebab sudah pernah menjabat sebagai petinggi di World Bank.

Namun apa lantas masalah kemiskinan dan pengangguran selesai? Ternyata tidak. Meski angka kemiskinan tahun 2016 diklaim oleh pemerintah menurun, namun kualitas kemiskinannya makin dalam dan makin parah.

Misalnya saja, kalau tadinya keluarga miskin makan tiga kali sehari dengan lauk seadanya, kini makin banyak orang miskin yang makannya sekali sehari. Angka kemiskinan yang menurun itu tak seberapa jumlahnya, tapi tingkat keparahan dari penduduk miskin itu jauh lebih mengkhawatirkan. Apa yang salah pada perekonomian kita?

Buku ini mengurai kesalahan-kesalahan mendasar dari ekonomi kapitalis yang sedang diterapkan saat ini. Kesalahan mendasar tersebut tak pernah dibahas oleh para ahli ekonomi termasuk pemerintah. Padahal kesalahan mendasar tersebut merupakan sisi paling penting dan utama yang menjadi penyebab rentetan permasalahan ekonomi yang ada.

Diantara kesalahan tersebut yaitu pencampuradukkan antara ilmu dan sistem ekonomi. Sesungguhnya antara ilmu ekonomi dengan sistem ekonomi berbeda objek pembahasannya.

Kalau ilmu ekonomi membahas seputar peningkatan produksi, sebaliknya sistem ekonomi membahas masalah konsumsi, distribusi dan pertukaran barang dan jasa.

Ilmu ekonomi itu bebas nilai, bisa diambil dari bangsa mana saja. Namun sistem ekonomi berkaitan dengan cara pandang kehidupan. Jadi umat Islam hanya diperkenankan mengambil sistem ekonomi murni dari Islam.

Kesalahan tersebut berdampak pada kesalahan berikutnya yaitu pencampuradukkan antara pembahasan kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan, kesalahan dalam memandang mengenai apa yang disebut sebagai alat pemuas kebutuhan, hingga kesalahan dalam memandang apa yang dianggap sebagai masalah ekonomi.

Selain kritik tentang ekonomi kapitalisme, disinggung pula kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam sistem ekonomi sosialisme marxisme. Sama halnya dengan sistem ekonomi kapitalisme, sistem ekonomi sosialisme marxisme juga memiliki kesalahan mendasar yang fatal hingga ketika diterapkan, akan berujung kehancuran.

Yang paling mendasar dari kesalahan keduanya adalah bahwa ide-ide tersebut lahir dari manusia bukan dari Pencipta manusia.

Buku ini hanya akan terlihat menarik bagi mereka yang menggeluti kajian pemikiran tentang ekonomi. Sebagaimana kata penulis, bahasan pemikiran ekonomi itu sulit dan rumit sebab butuh pencernaan secara mendalam.


Tapi penulis mengaku telah berusaha menyederhanakan bahasan rumit ini agar mudah dicerna. Meski tetap tak bisa dihindari penggunaan istilah-istilah ekonomi yang kebanyakan populer hanya di kalangan akademis. Dan saya yang merasa butuh ilmu ini, meski kesulitan, tetap saja ingin mempelajarinya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...