Kamis, 22 September 2016

Wisata Menakjubkan di India dan Nepal



Judul Buku    :  best of India & Nepal
Penulis          :  Gema Asrida dan Andriana
Penerbit         : PT. Elex Media Komputindo
Ketebalan      : 188 Halaman
Tahun terbit   :  cetakan pertama, 2014
ISBN              : 978-602-02-3656-8


Teman-teman, kalau traveling sukanya kemana? Saya nemu e book berjudul best of India & Nepal di I-Jakarta . Ntah karena ada keturunan India (ceritanya buyut saya ada yang asli Pakistan) atau karena dulunya pernah doyan betul nonton film India, saya jadi tertarik baca buku duo ibu Gema Asrida dan Andriana ini.

India dan Nepal terletak di Asia Selatan. Posisinya berdekatan. India merupakan negara terbesar di wilaya Asia Selatan. Keduanya punya 4 musim, yakni musim dingin, musim panas, monsoon dan pascamonsun (musim gugur). Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu dan Budha, struktur bangunan dan budaya negara bekas jajahan Eropa ini terpengaruh dengan kedua agama tersebut. Ada juga pengaruh budaya kehidupan dari bangsa penjajah itu sendiri seperti budaya tea-time dan olahraga kriket.

Sementara untuk masakan, India dan Nepal punya kemiripan, yaitu khas dengan Nasi dan berbagai jenis karinya. Dan untuk urusan makanan halal, menurut penulis nggak susah mencarinya di India. Sebab dengan banyaknya penganut Hindu, banyak tersedia restoran khusus vegetarian di sana. Di kota-kota besar seperti Delhi, Bangalore dan Mumbai cukup banyak pula tersedia restoran non vegetarian dengan menu daging ayam yang penjualnya adalah muslim. Soal tempat ibadah, meski tidak begitu banyak tetapi Mesjid ada di hampir setiap kota di India tempat muslim bermukim.

 Kalau kita hobi berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, India cukup mampu memuaskan mata kita. Diantaranya ada India Gate di ibukota New Delhi, yang merupakan sebuah monument nasional India terbuat dari batu pasir merah dan batu granit, dirancang oleh Sir Edwin Lutyens untuk mengenang pengorbanan 90.000 tentara India Britania membela imperium Britania di India pada Perang Dunia I. Ada Taj Mahal di Agra, bangunan terkenal simbol cinta Kaisar Shah Jehan dan istrinya ratu Mumtaz Mahal, yang pernah dinobatkan menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia.

Sementara kota Rajasthan memanjakan mata kita dengan pemandangan cagar alam dan taman nasional yang menyediakan varietas flora dan fauna cukup lengkap dan menakjubkan. Mau merasakan kehidupan metropolitan di India, datanglah ke Mumbai. Di kota pusat industri perfilman ini wisatawan bisa menikmati banyak pertunjukan teater atau nonton film.

Mau ke pantai, ada Goa. Keindahan pantai di Goa cukup terkenal di dunia. Beberapa pantai yang cukup terkenal adalah Anjuna Beach, Calanguate Beach dan Candolim Beach. Fasilits olahraga air di sana membuat banyak turis betah berlama-lama. Nggak jauh beda sih sebenarnya dari pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok.

Ada cerita tersendiri di kota Kerala yang saya pikir cukup berkesan. Selain menawarkan tempat-tempat wisata eksotis yang nggak kalah menakjubkan, kota kecil Kerala dikenal sebagai kota paling maju di India. 100 persen penduduknya melek huruf. Paling bersih dan tingkat harapan hidup paling tinggi. Di tengah hingar bingar kehidupan di kota besar khas kapitalis seperti New Delhi dan Mumbai yang memperlihatkan kesenjangan sosial tinggi, kiranya kota Kerala paling menarik untuk dijadikan tempat tinggal.

Untuk Nepal, bisa dikatakan full dengan wisata alam. Nepal dikelilingi pegunungan. 8 dari 10 gunung tertinggi ada di Nepal. Tepatnya di salah satu kota bernama Pokhara kita bisa berjalan-jalan dengan disuguhi pemandangan pegunungan yang tinggi, melewati hutan yang bersih, melewati danau yang jernih, sungai dan air terjun. Tersedia banyak olahraga penuh tantangan seperti panjat tebing, mendaki gunung Himalaya, bungee jumping, arung jeram dan lain sebagainya.

Tak sekedar menggambarkan sisi menarik dari tempat-tempat wisata disana, dalam buku ini penulis juga menyertakan panduan yang cukup lengkap bagi pembaca yang ingin berwisata ke India dan Nepal. Mulai dari persiapan pergi ke India dan Nepal dari segi fisik, dokumen, dana, perencanaan akomodasi dan transportasi, tempat-tempat penjualan souvenir, perlengkapan selama dalam perjalanan hingga tips keselamatan selama perjalanan. Jangan khawatir, penulis bilang banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata ke berbagai daerah di kedua negara itu dengan harga cukup murah.

Saya pernah punya keinginan jalan-jalan ke India. Hanya saja sekarang nggak pengen lagi. Secara ya, tingkat pelecehan seksual di India tinggi sekali. Dikabarkan sekitar hampir 90% wanita di India pernah mengalami pelecehan seksual. Sampai-sampai ada warning buat para wanita agar jangan berpakaian mini dan jalan sendirian terutama pada malam hari saat berada di India. Wiih seram ya. Kalau Nepal terkenal sering gempa ya kalau nggak salah, karena banyaknya gunung di sana.

So, saya merasa cukup puas dengan hanya membaca buku ini saja disertai melihat-lihat lokasinya di google earth. Kenapa harus dengan bantuan google earth? Ia, untuk gambar-gambar yang tidak berwarna dalam buku ini, saya kurang puas. Untuk teman-teman, barangkali punya nyali dan tertantang berkunjung ke India dan Nepal? Kalau jawabnya ya, kamu bisa gunakan buku ini sebagai panduan.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...