Minggu, 04 September 2016

Kreatifitas Dalam Desain al Quran Masa Kini



Kalau diperhatikan makin hari semakin kreatif aja ya para produsen pencetak al Qur’an menghadirkan produk-produk mereka. Ada al Qur’an yang khusus di desain buat membantu kita lebih mudah menghafalkan al Qur’an. Ada al Qur’an yang khusus menandai ayat-ayat terkait tanda-tanda kekuasaan Allah swt di alam. Ada al Qur’an terjemah per kata yang memudahkan kita mengetahui terjemah perkata ayat al Qur’an. Ada al Qur’an yang membantu kita memahami tajwid  dan lain sebagainya.

Selain itu, al Qur’an cetakan terbaru juga didesain dengan rupa yang unik-unik. Semakin berwarna warni dan model yang cantik. Sepertinya memang teristimewa muslimah dan kalangan remaja. Karena warnanya yang serba pink, ada bentuk dompet, tas dan lain sebagainya.

Pengusaha tahu aja ya kalau umat sedang meningkat suasana keislamannya, sehingga menyambut permintaan pasar dengan menghadirkan produk-produk diantaranya al qur’an yang semakin eye cathing (enak dipandang). Disamping itu barangkali juga berbagai desain unik itu sebagai cara untuk bersaing plus mendorong muslim yang belum ngeh dengan al qur’an agar tertarik membancanya. Nah lo, terselip bahaya disini.

Yup, dari satu sisi kita menyambut gembira dengan kratifitas tersebut. Di sisi lain kita juga mesti berhati-hati ya teman-teman. Artinya gini, membaca a Qur’an apalagi memahami arti dan mempraktekkannya adalah sebuah ibadah yang bernilai pahala dihadapan Allah Swt. Sementara nilai ibadah bisa kita dapatkan pabila berbuatnya ihsan yaitu niatnya ikhlas semata berbuat karena melaksanakan perintah Allah swt dan caranya benar sesuai syariah.
Dalam hal ini cara sudah benar maka niat hati-hati, jangan sampai karena gemes lihat al Qur’an yang cantik-cantik desainnya maka kita membeli dan tertarik membacanya semata karena desainnya. Ini mah namanya bukan berbuah pahala, ya kan.

Alhasil, pertimbangan membeli al Qur’an buat jadi teman dekat kita janganlah sebatas pertimbangan cantiknya model al Qur’annya, melainkan lebih kepada memudahkan kita melihat jelas berbagai hurufnya, hingga bisa membaca bahkan memahami dan mengamalkan isinya.

Salam semangat berIslam…


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...