Minggu, 07 Agustus 2016

Membantah Gagasan Fikih Minoritas

Judul Buku                                   : The Fiqh to Subvert Islam
Judul Edisi Bahasa Indonesia : Fikih Minoritas: Upaya Menikam Islam
Penulis                                           : Asif Khan
Penerjemah                                 : M. Ramadhan Adhi
Penerbit                                        : Pustaka Thariqul Izzah
Tahun Terbit                                : 2015
Cetakan                                         : II
Tebal                                              : 84
ISBN                                               : 979-9478-37-5


Buat muslim, tantangan hidup di bumi belahan barat bukan cuma bagaimana bersaing dengan warga asli untuk mencari penghidupan layak. Lebih dari itu, agama mereka senantiasa terancam. Barat kerap merayu kaum muslim agar sudi menjadi bagian dari masyarakat mereka dengan cara melebur ke dalam tata cara kehidupan mereka hingga bersedia menunjukkan loyalitas ataupun berpartisipasi dalam pelaksanaan pemerintahan mereka.

Kaum muslim pun dilema, antara keinginan untuk tetap berpegang pada Islam juga ingin diterima sepenuhnya oleh masyarakat tempat mereka hidup. Apalagi melihat bentuk kemajuan-kemajuan fisik di barat ditambah kemunduran di negeri-negeri Islam, akhirnya sebagian mereka pun tergoda untuk mengkompromikan Islam dengan pandangan hidup barat demi dapat diterima disana. Ada muslim yang sampai-sampai bersedia mendukung pemerintah barat memerangi muslim di Afganistan.

Adalah Dr. Thaha Jabir al-Alwani, seorang tokoh utama yang menciptakan suatu metodologi fiqih Islam bagi kaum muslim yang menjadi minoritas di suatu negara, untuk memecahkan masalah interaksi kaum muslim dengan masyarakat barat. Metodologi ini dikenal dengan istilah Fiqh al-Aqalliyaat (Fikih Minoritas).

Buku karya Asif Khan, warga Watford, Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ini berisi tentang bantahan-bantahan dari gagasan yang dikemukakan oleh al- Al wani seputar fiqih minoritas. Penulis yang juga seorang dosen ini menjelaskan letak kesalahan-kesalahan dari argumen al – Alwani  tentang klaim bahwa syariat diam terhadap hal-hal baru, pendapat bahwa Islam berubah sesuai zaman dan tempat dan lain sebagainya.

Asif Khan pun mengemukakan bukti-bukti kesalahan dari argumen al – Alwani secara dalil dan rasional. Buku sederhana ini ditulis Asif saat beliau berusaha 27 tahun dan sudah menjadi dosen. Untuk menghindarkan diri dari propaganda barat dan menambah keyakinan kita bahwa Islam itu pandangan hidup sempurna yang layak kita emban dan perjuangkan, kiranya buku ini pantas dibaca.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...