Minggu, 10 Juli 2016

Inspirasi dari Peggy Melati Sukma


Diantara banyak selebritis tanah air yang hijrah kepangkuan Islam, ada nama Peggy Melati Sukma. Saya mengenal beliau sebagai pemain dalam sinetron Gerhana, dengan ciri khasnya “pusiiiiing”. Lama nggak dengar kabar mbak Peggy. Beberapa waktu punya fasilitas wifi di rumah pada tahun 2015, saya ubek-ubek youtube eh ketemu video mbak Peggy udah berkerudung. Ketemu juga video mbak Yulia Rahman, Lyra Virna dan lain-lain.

Senangnya melihat banyak muslim yang berubah jadi lebih baik. Apalagi artis yang prilakunya disoroti dan kadang ditiru oleh penggemar. Mudah-mudahan menginspirasi yang lainnya untuk berhijrah. Tapi saat itu masih sebatas begitu. Saya justru tertarik mengubek-ubek berbagai video dan hanya melihat sekilas-sekilas saja.  Maklum, bahasa kerennya lagi kemaruk baru punya fasilitas wifi hehe.

Barusan saya tertarik mendengar ceramah para artis yang hijrah ini. Baru tahu juga kalau mas Adipura ternyata juga sudah berhijrah. Saya mendengar ceramah beliau tentang kembali kepada al Qur’an. Bagus, hafalan ayatnya banyak. Lalu saya kembali bertemu video mbak Peggy. Cukup lama mendengar ceramah beliau.

Masya Allah, mbak Peggy hijrah baru sekitar tiga tahun tapi penguasaan ilmu beliau sudah cukup banyak. Saat menyampaikan ceramah di Rumah Ilmu Al-Hilyah Cinere, beliau tampak cukup menguasai kisah perjalanan dakwah Rasulullah Saw. Beliau menyampaikan dengan cukup detail, bagaimana Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, setelah berdakwah di Mekkah selama 13 tahun dan itu dilakukan untuk memperjuangkan agama Allah. Karena dakwah Rasulullah saw dan para sahabatlah kita saat ini bisa merasakan indahnya Islam.


Mendengar perjalanan hidup mbak Peggy, luar biasa aktif ya beliau. Berasal dari keluarga yang sederhana, beliau bekerja keras awalnya untuk mendapatkan dunia. Sejak 17 tahun sudah berkarir. Mbak Peggy menekuni banyak profesi. Pemain sinetron, model, penyanyi, sutradara, produser, event organizer, pendiri yayasan sosial dan lain sebagainya. Karir beliau bukan hanya skala nasional tapi juga internasional. Mbak Peggy telah bekerja keras mengasah potensi kecerdasan pemberian Allah Swt.

Hampir sama dengan teman-teman artis yang lain, dalam gelimangan harta dan kesuksesan dunia, mbak Peggy tidak bahagia. Sekitar duapuluh tahun sibuk bekerja, mengkhatamkan al Qur’an saja tidak sanggup. Sampai akhirnya beliau berhijrah pada tahun 2013, dalam arti secara total berhijab dan mendedikasikan waktu hidupnya untuk berdakwah.

Proses mbak Peggy hingga akhirnya kembali kepada identitas muslimahnya tentu tak sesederhana itu. Banyak proses yang beliau lalui. Melalui buku-buku beliau, barangkali kita bisa banyak belajar. Ntar kapan ada kesempatan saya beli deh.

Mbak Peggy mengajarkan banyak hal pada kita. Tentang perubahan secara total, ia, ketika memutuskan mendalami Islam mbak Peggy benar-benar keluar dari dunia keartisan yang dulu. Tentu karena beliau melihat banyak sekali mudharat yang ditimbulkan oleh kegiatan keartisan dulu. Sampai pada masalah bisnis pun beliau mempelajari bisnis Islami. Saya mendengar bahwa beliau hendak mengambil program doctoral bidang bisnis Islami.

Mbak Peggy itu tekun dan serius. Beliau berhasil membangun habit kerja keras dalam dirinya. Tak heran, baru menekuni Islam sekitar tiga empat tahun, sudah cukup banyak menguasai ilmu Islam, beraktivitas diberbagai yayasan yang bergerak dibidang keIslaman, berdakwah keliling Indonesia dan keliling dunia, hingga menulis empat buku yang bernuansa Islam hanya dalam waktu satu tahun. Ini yang mesti kita contoh juga dari beliau, tekun dan serius.

Mbak Peggy telah mengambil perannya dalam meneruskan perjuangan Rasulullah Saw, berdakwah di jalan Allah Swt. Begitulah seharusnya umat Nabi Muhammad Saw, mengikuti jejak langkah perjuangan beliau. Semoga mbak Peggy selalu diberkahi Allah Swt, dikuatkan langkah dakwahnya dan semoga kita juga demikian. Amin.

6 komentar:

  1. Wah, saya salut sekali dengan mbak peggy ini, mbak. Sekarang di twitter kan dia gigih dukung kemerdekaan Palestina. Jilbab yang dikenakan juga yang lebar. :)

    BalasHapus
  2. semua orang bisa menajdi inspirasi banyak orang mulai dari hal yg sederhana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak.. asalkan kita berbuat baik pasti menjadi inspirasi buat orang lain :)

      Hapus
  3. Banyak artis-artis yang hijrah total menandakan ketenaran dan kekayaan bukan jaminan kebahagiaan. Semoga kita bisa mengikuti jejak semangatnya dalam menuntut ilmu dan berdakwah ya. Amin. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...