Minggu, 13 September 2015

Tips Cerdas Menjaga Kebersihan Dapur


Dapur impian hehehe...picture by denahrumahsederhana.com


Hey Moms, udah jadi tanggungjawab kita dong ya, menyediakan makanan buat anggota keluarga. So, sebagian waktu kita pasti dihabiskan di dapur. Selain mengolah makanan, dapur juga tempat kita menyimpan makanan. Kebersihan dapur tentu harus dijaga. Karena, selain tak sedap dipandang, kebersihan dapur pun menentukan tingkat kesehatan keluarga. Jangan sampai gara-gara dapur yang banyak kuman dan bakteri, kesehatan keluarga kita terganggu. Nih beberapa tips yang bisa saya share ke bunda sekalian.

*  Pastikan dapur bunda mendapat cahaya matahari yang cukup. Selain sebagai penerangan, rupanya cahaya matahari juga dapat menghindarkan dapur bunda dari hama pengganggu. Kecoa atau tikus misalnya, yang suka tempat lembab dan gelap.

*  Dapur harus punya jendela atau fentilasi udara yang cukup sebagai sarana sirkulasi udara. Jadi, asap dan uap dari proses memasak bunda dapat teralirkan ke luar. Selain itu fentilasi udara yang memadai juga menjaga kita aman dari gangguan kebocoran gas kompor kita.

*  Tiap selesai masak, baiknya bunda segera bersihkan dapur dari noda minyak dan remah-remah makanan. Ini berguna untuk menghindari bakteri dan kuman.

*  Selain bersih-bersih, selesai masak baiknya sampah di dapur langsung dibuang dengan segera. Bisa menimbulkan bau tak sedap bun. Dan sama aja kita ngundang kecoa dan tikus kalau sampah terus menumpuk di dapur.

*   Untuk kebersihan kulkas bunda, bersihkan wadah penampung air di bawah lemari es minimal dua kali dalam setahun. Supaya wadar tersebut tidak berjamur.(Inspirasi dari Buku Tips Cerdas Merawat Rumah dan Perabotnya by farida Utami)


Masih banyak tips lainnya yang bisa dilakukan buat menjaga kebersihan dapur bunda. Kali ini, cuma segini yang bisa saya bagikan..Semoga bermanfaat ya bun J

2 komentar:

  1. Tipsnya simpel mudah dipraktikkan dan bermanfaat :) ...

    BalasHapus
  2. wah asik dapet tips tinggal dipraktekin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...