Selasa, 18 Agustus 2015

Merdeka Itu, Ketika Muslimah Dilindungi Kehormatannya.

#BloggerMuslimah
#GerakanMenujuSholehah

Pernah suatu kali saya ke Toko resmi Acer cabang Medan di Jalan Putri Hijau, Medan. Keperluan saya, untuk memperbaiki laptop yang rusak. Sembari menunggu teknisi memperbaiki laptop saya, mata saya melihat-lihat seisi ruangan di sana. Tak berapa lama mata saya fokus memperhatiakan seorang pegawai perempuan yang serius membaca al Qur’an dengan suara pelan. Kok sedang kerja, malah baca al Qur’an? Ah, barangkali memang sedang nggak ada tugas yang hendak dikerjakan, pikir saya. Tapi, kenapa nggak menutup aurat? Nggak pakai kerudung? Bukannya salah satu adab membaca al Qur’an adalah menutup aurat. Ah, barangkali beliau hanya membaca artinya saja, hanya bermaksud mengerti terjemahan al Qur’an saja. Tapi saya tetap penasaran.
Saat ada kesempatan, saya menyapa beliau, “Rajin ya buk, baca Qur’an”.
“Ia, tugas saya melayani pelanggan yang ingin konsultasi. Jadi pas lagi sepi, bisa baca al Qur’an”, ujar beliau. Saya tatap al Qur’an di tangan beliau. Nggak ada terjemahannya. Berarti beliau sedang baca al Qur’an sebagai ibadah sunnah. “Maaf bu, bukannya adab baca al Qur’an menutup aurat ya buk?”
“Oh, di sini dilarang pakai kerudung. Tapi kalau di luar, saya pakai kerudung kok kemana-mana”
Nah, ini poin saya. Di zaman yang katanya sudah merdeka, masih banyak muslimah yang sulit melaksanakan aturan agamanya. Saya juga pernah dengar ini terjadi pada pramugari, pernah ramai juga dibahas terjadi pada polwan. Hal yang sama juga terjadi di Papua saat ini, terutama Tolikara. Kemarin media mengungkap adanya perda pelarangan menggunakan kerudung bagi muslimah di Tolikara.
Merdeka itu ialah ketika kita leluasa menghamba pada yang Kuasa. Merdeka itu ialah ketika kita mudah menjalankan aturanNya. Merdeka itu ialah ketika muslimah dilindungi kehormatannya. Merdeka itu ialah ketika kehidupan kita selalu dihiasi kebaikan, berkah dan rahmatNya.
Semoga kemerdekaan hakiki bisa kita raih kelak ketika kehidupan Islam diterapkan secara keseluruhan, amin.
"BW Spesial Blogger Muslimah"

18 komentar:

  1. Saya salut sama Mbak itu. Dia sebenarnya sedang berusaha semaksimal mungkin untuk beribadah meskipun gak bisa pakai kerudung. Mudah2an ia diberi hidayah oleh Allah sehingga keinginan berhijabnya makin kuat.

    BalasHapus
  2. harusnya pegawai yang kerja di tempat kerja manapun diberi kebebasan dalam menjalankan syariat agamanya~

    BalasHapus
  3. hebat itu mah si embak. dlm keadaan terjepit pun dia ttp ingat Alloh. semoga ia ttp istiqomah dan dpt pekerjaan lain yg lbh baik, lebih barokah dan membolehkannya berislam dg utuh. aaamiiin.

    BalasHapus
  4. Iya, masih ada yang memakai peraturan begitu.

    BalasHapus
  5. hmmm... masih ada ya larangan pakai jilbab, sedih jadinya :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih mbak, sampai sekarang masih ada

      Hapus
  6. Ya ampun kok masih ada tempat kerja yg melarang karyawannya berjilbab. Benar2 tdk merdeka. Smg kemerdekaan itu sgera trwujud ya amin

    BalasHapus
  7. saya harus nyontoh nih rajin baca juga hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kita harus rajin baca Qur'an :)

      Hapus
  8. Semoga para muslimah tak lagi dijajah kemerdekaannya dalam berhijab karena itu adl hak azazi manusia. Ammiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih dari itu mbak..berhijab kewajiban dari Allah, menghalangi pakai hijab berarti menghalangi muslimah melaksanakan kewajibannya..

      Hapus
  9. Semoga muslimah di seluruh pelosok Indonesia kelak mendapatkan kemudahan untuk mengabdi padaNya. Aamiin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...