Minggu, 16 Agustus 2015

Menyenangkan Hati Mereka Yang Tersayang

link : http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma/
Menyenangkan hati orang-orang tersayang sama saja dengan menyenangkan diri sendiri. Melihat senyum dan wajah ceria itu membuat hati bahagia. Lebaran salah satu momen berbagi kebahagiaan. Biasanya, lebaran identik dengan bagi-bagi THR alias Tunjangan Hari Raya. Dan yang paling beruntung adalah anak-anak. Karena mereka yang paling diincar untuk diberi THR. Alasannya, mereka belum bisa cari duit sendiri. Ngasih mereka juga nggak perlu banyak. Uang baru yang licin saja misalnya, meski cuma sepuluh ribu mereka senang.
Lebaran kali ini, saya kasih THR dalam bentuk berbeda dari biasanya kepada anak kecil di keluarga saya. Bukan duit, tapi berbentuk barang. Kalau ditanya, kenapa? Pertama, saya melihat mereka suka jajan yang kurang sehat. Daripada uangnya dipakai jajan sembarangan, baiknya diberi barang bermanfaat saja. Kedua, ini sekaligus cara saya menyiasati kondisi keuangan yang tipis. Keponakan saya ada sepuluh orang. Yang paling besar tingkat SMA dan paling kecil baru lahir sekitar dua bulan yang lalu. Untuk yang baru lahir, bukan THR sih namanya. Sejak lahir saya belum berkesempatan menjenguk. Jadi, lebih bisa disebut hadiah kelahiran si bayi. Cuma momennya pas lebaran. Ada lagi sepupu kecil saya, layak diberi hadiah lebaran. Kalau uang saya cukup, saya ingin memberi kepada lebih banyak orang lagi. Tapi apa daya, cuma cukup buat mereka, itupun disiasati supaya murah meriah dan bermanfaat. Alhamdulillah.
Ide memberi THR dalam bentuk barang pada anak-anak bukan hal baru. Sudah banyak yang melakukan. Hanya buat saya, ini hal yang baru pertama kali saya lakukan. Saya pun butuh ide dari teman-teman. Saya tanya ke teman-teman di dunia maya dan dunia nyata. Ada yang usulkan beri alat tulis, ada yang bilang kasih mainan puzzel dan lain-lain. Akhirnya saya pilih ngasih mereka alat tulis. Karena pas juga dengan momen back to school. Saya cari alat tulis unik dan cantik di Super Market sekitar rumah. Mondar mandir, pilih sana pilih sini, mengamati perlahan setiap alat tulis yang tersedia.
picture by www.bisnismainananak.com
Alhamdulillah, dapat juga alat tulis sesuai keinginan saya. Untuk yang gedean saya kasih pulpen tiga buah, warnanya saya pilih bervariasi. Ada yang hijau, orange dan ungu. Keunikan pulpen tersebut, karena ada hiasan berbentuk topi di ujungnya. Menurut saya itu lucu. Buat ponakan yang duduk di sekolah dasar, saya kasih pencil berbentuk bulat-bulat tersusun sebanyak tujuh bulatan. Tiap bulatan punya warnanya sendiri. Jadi, satu pensil warnanya warna warni. Pada tiap bulatan itu ada gambar emotikon dengan ekspresi tertawa, tersenyum, cemberut, sedih, marah hingga menangis. Lucu sih menurut saya. buat yang berumur sekitar dua tahun, saya kasih boneka gajah mungil berwarna biru muda. Boneka itu bisa dipakai buat bantal guling juga. Buat yang berumur dua bulan saya belikan sepatu dan alat-alat mandi. Tsumma alhamdulillah, yang saya rencanakan terealisasi tanpa kendala.
picture by bonekalucuna.wordpress.com
Di hari H, bertemu mereka dan menyerahkan sendiri hadiah dari saya adalah saat istimewa itu. Sebagaimana goresan di awal tulisan ini, “menyenangkan orang lain sama dengan menyenangkan diri sendiri”. Saya senang melihat mereka gembira menerima pemberian saya. Lebaran pertama, seharian kami bercengkrama di rumah mertua. Ada ibu mertua, saya dan suami serta kakak dan abang ipar bersama para keponakan. Kami makan bersama, bercerita, menyambut tamu dari tetangga sekitar, menghabiskan waktu dari pagi sampai sore. Sorenya saya dan suami ke rumah salah seorang kakak ipar. Kami mencicipi kue lebaran beliau dan hidangan lainnya disana. Pulangnya, Rani (ponakan) bilang sambil tertawa riang, “Makasih ya buk pensilnya. Sekali lagi ngasihnya buku ya buk”.
“Insya allah, kalau Rani juara”. Spontan aja yang keluar jawaban seperti itu. Semoga kehadiran kita bisa selalu menyenangkan orang-orang sekitar, amin. 

Artikel ini diikutsertakan dalam#GiveAwayLebaran yang disponsori oleh Saqina.comMukena Katun Jepang Nanida, Benoa KreatiSandermDhofaro, dan Minikinizz

4 komentar:

  1. hmmm, ide yang bagus untuk thr tahun depan :)

    salam kenal ya mak eva.. terimakasih sudah ikutan #GiveAwayLebaran :)
    sering2 ya main ke blog aku www.heydeerahma.com...

    =Dee=

    BalasHapus
  2. Saya kok malah fokus pada bonekanya, Mbak. Lucu-lucu itu.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak imut dan lucu bonekanya, harganya jga murah belasan ribu aja...salam kenal mbak

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...