Senin, 29 Juni 2015

Ramadhan, fokus Ibadah

image by www.renungkanlah.com 

Ramadhan, selain bulan berlimpah pahala, juga bulan panen buat pedagang. Pedagang musiman khusus menjajakan makanan berbuka menjamur, pedagang kue lebaran, pakaian, sepatu, alat – alat beribadah, semua menuai rizki yang lebih dibanding hari – hari biasa. Sebab, sudah menjadi kebiasaan muslim di Indonesia untuk memeriahkan Ramadhan dengan makan makanan istimewa dan menyiapkan perlengkapan lebaran berupa makanan dan pakaian. Ada pula yang memperdagangkan uang baru dengan harga penjualan 10% lebih tinggi dibanding jumlah uang yang ditukar. Untuk perdagangan uang, yang saya ketahui tukar menukar barang sejenis harus sama nilainya. Kalau salah satunya berlebih, itu sudah terkategori riba. Jual beli uang baru untuk kebutuhan THR ini cukup saya sayangkan.
By the way, yang ingin saya ceritakan ialah dua orang teman saya yang sehari – harinya rajin berdagang, namun di Ramadhan ini justru memilih istirahat dari berdagang. Padahal mereka menjual barang – barang yang juga dibutuhkan untuk lebaran seperti pakaian dan makanan. Mereka paham, kalau di bulan Ramadhan omset penjualan biasanya meningkat. Tapi bulan Ramadhan itu istimewa, datangnya sekali setahun, bulan diturunkannya al Qur’an dan bulan dilipatgandakannya pahala dari segala amalan. Inilah yang membuat mereka berat menghabiskan sebagian besar waktu mereka di bulan Ramadhan dengan aktivitas yang tidak berbau ibadah. Inginnya, diri fokus beribadah tanpa mengurusi kesibukan dunia.

Untuk para lelaki, bekerja adalah kewajiban. Berarti, bekerja di bulan Ramadhan seperti hari – hari biasa melipatgandakan pahala mereka. Tetapi, bagi perempuan hukum bekerja itu mubah, tidak berpahala dan tidak berdosa. Saya sependapat dengan kedua teman saya itu, kalau berdagang tidak begitu urgen, atau hanya untuk memenuhi pernak pernik lebaran semata, sebaiknya muslimah lebih memilih istirahat dari aktivitas berdagangnya selama bulan Ramadhan. Agar berhasil panen pahala. Salam ukhuwah J
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...