Rabu, 04 Maret 2015

Peraturan Sekuler Tentang Pas Foto

Picture by me
Kebijakan sekuler di sekolah, pas foto untuk ijazah bagi muslimah tidak boleh pakai kerudung. Kasus ini terjadi di salah satu sekolah swasta Islam terpadu di Medan. Alasan larangan tersebut, sekolah khawatir siswa ditolak melanjutkan studi ke sekolah negeri. Karena foto berkerudung nggak nampak telinga. Waduh, emang kalau telinga nggak nampak kenapa ya? Sekolah bilang memang sudah peraturan pemerintah seperti itu.
Waktu si murid yang sudah mengerti tentang menutup aurat itu ogah di foto tanpa kerudung, terpaksa dia dibiarkan foto pakai kerudung. Dengan pesan, bahwa sekolah nggak mau bertanggungjawab kalo nanti si murid nggak diterima di sekolah negeri. Lalu, si murid disuruh untuk berfoto paling akhir. Agar, teman-temannya nggak niru prilaku si murid. Guru yang seharusnya ngajarin siswanya nutup aurat, eh malah seperti itu. Menyedihkan.

Anehnya, nggak semua sekolah menerapkan aturan demikian. Dua sekolah Islam terpadu lain di sekitar wilayah itu membolehkan siswa perempuan berfoto menggunakan kerudung. Mungkin mereka nggak pengen sekolah di sekolah negeri kali ya.
Kalau yang saya alami sendiri. Di kampus saya yang notabene kampus Islami, menerapkan kebijakan demikian. Saat pas photo untuk ijazah dilarang pakai kerudung. Kepada siapapun yang menolak membuka kerudung, disuruh membuat surat pernyataan bahwa kampus nantinya tidak akan bertanggungjawab kalau gara-gara pas foto itu si mahasiwa nggak dapat kerjaan. Lah, apa coba hubungan kerudung dengan pekerjaan? Apa memakai kerudung dapat mengurangi kinerja seseorang?
Negeri sekuler yang memisahkan aturan agama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara emang menyulitkan kita untuk taat sama Allah. Lihat aja, polwan Riau dilarang pakai kerudung. Kalau pun di daerah lainnya polwan boleh pakai kerudung, kerudung dan pakaiannya pun nggak syar’i, serba ketat. Bagaimana dengan pengalaman kamu?
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Klik untuk tembah komentar

Posting Komentar

Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...